PENGERTIAN,MANFAAT,CARA MEMBUAT,DAN CONTOH BUYER PERSONA
Hai guys, jadi kali ini aku akan membahas apasih Buyer Pesona??? serta apa manfaat dan bagaimana tahapan membuat Buyer Persona
PENGERTIAN BUYER PERSONA
Buyer Persona adalah deskripsi detail mengenai seseorang yang bisa dijadikan sebagai contoh konsumen.Buyer Persona dapat menerangkan masalah yang dihadapi pelanggan serta cara mereka mengambil keputusan saat membeli produk.
MANFAAT BUYER PERSONA
1.Penyesuaian Produk atau Layanan
Memudahkan proses identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan produk atau layanan yang pas untuk ditawarkan.
2. Strategi Marketing
Anda bisa memahami perilaku atau kebiasaan para konsumen ketika mengambil keputusan, yang mana nantinya bisa menjadi bahan utama untuk membuat marketing plan yang lebih baik.
3.Peluang Produk atau Layanan Baru
Dengan mengetahui apa yang mereka sukai atau sebaliknya, berpeluang untuk melahirkan produk atau layanan baru yang lebih unggul.
4.Efektivitas Pemasaran
Dengan buyer persona, Anda bisa lebih fokus pada segmen konsumen Anda. Jadi, upaya pemasaran yang dilakukan jadi lebih efektif.
CARA MEMBUAT BUYER PERSONA
1. Lakukan Riset Mendalam
2. Kenali Masalah Pelanggan (Pain Points)
3. Identifikasi Tujuan Pelanggan (Customer Goals)
- Informasi pribadi: Berisi nama, jenis kelamin, usia, pendidikan, status pekerjaan, jumlah penghasilan, dan status.
- Tingkah laku: Meliputi hobi, makanan dan minuman kesukaan, akun media sosial, serta forum online apa yang diikuti.
- Kebiasaan Berbelanja: Menjelaskan cara berkomunikasi, cara menemukan informasi produk, dan cara berbelanja yang disukai.
Komentar
Posting Komentar