STRATEGI STP (Segmenting, Targeting, Positioning)
STRATEGI STP
TARGETING
Apa Itu Strategi STP?
STP atau Segmentation Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu.Sesuai istilahnya, strategi ini didasarkan pada tiga langkah dalam pemasaran, mulai dari mengidentifikasi segmentasi pasar, menganalisis target pasar, sampai menentukan posisi yang tepat untuk menjalankan bisnis.
SEGMENTING
Segmentasi adalah proses memecah pasar yang lebih besar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil dan terdefinisi dengan jelas berdasarkan karakteristik atau kebutuhan yang sama. Tujuan utama segmentasi adalah untuk memahami keragaman dalam preferensi dan perilaku konsumen sehingga perusahaan dapat menyesuaikan produk atau layanan mereka untuk memenuhi kebutuhan khusus dari setiap segmen. Contoh kriteria segmentasi meliputi demografi (usia, jenis kelamin, pendapatan), geografi (lokasi geografis), psikografis (gaya hidup, nilai-nilai), dan perilaku (penggunaan produk, loyalitas).
sumber:https://www.nutshell.com/blog/market-segmentation
Targeting merupakan tindakan menilai ketertarikan dan minat dari beragam segmen pasar, kemudian menentukan segmen pasar mana yang akan Anda jadikan sebagai target pasar. Target Pasar dipahami sebagai kelompok yang dipilih oleh suatu bisnis untuk dijadikan sebagai calon pelanggan dengan melakukan penargetan dan segmentasi.
Terdapat 4 strategi yang bisa anda pilih dalam melakukan targeting di antaranya:
1.Undifferentiated targeting strategy
Menjelaskan bahwa strategi ini ditujukan untuk pasar besar dengan kebutuhan yang serupa.
2.Differentiated targeting strategy
Menjelaskan bahwa perusahaan memproduksi berbagai produk dengan masing-masing ciri yang berbeda.
3.Concentrated targeting strategy
Perusahaan hanya berfokus menawarkan jenis produk tertentu dalam satu segmen yang dinilai paling berpeluang pasar.
sumber:https://medium.com/@felisiahandayani/strategi-pemasaran-targeting-and-positioning-f03d654b33d4
POSITIONING
Positioning atau penempatan produk yang merupakan upaya untuk menempatkan posisi produk dalam menghadapi persaingan. Pengembangan strategi pemasaran ini bertujuan untuk mempengaruhi tentang bagaimana suatu segmen pasar tertentu menilai produk maupun jasa ketika dibandingkan dalam kompetisi pasar.
sumber:https://www.xendit.co/id/blog/pahami-segmenting-targeting-positioning-dalam-strategi-pemasaran/
STRATEGI STP PEACECOKSS
1. Segmenting
- Segmentasi demografis dari Peacecokss adalah semua kalangan baik anak-anak, remaja maupun dewasa baik laki-laki maupun perempuan.
- Segmentasi geografisnya adalah semua siswa atau orang yang berada di Sekolah Maitreyawira Batam.
- Segmentasi psikografis dari produk ini adalah ditargetkan kepada konsumen yang menyukai makanan manis dan garing.
- Segmentasi perilaku di targetkan kepada orang yang menyukai jajan-jajanan manis,lezat, dan sehat.
2. Targeting
- Remaja
- Anak sekolahan
3. Positioning
- Cemilan yang bisa dinikmati saat sedang berkumpul-kumpul maupun teman nonton dengan harga yang murah hanya di bandrol dengan harga 10.000/1 kotak yang berisi 7 pcs
DESKRIPSI PRODUK
Usaha piscok menyediakan pisang coklat yang isinya lumer,manis,renyah dan legit serta cocok untuk jadi cemilan favoritmu dikala lapar.
Tunggu apalagi? yuk langsung aja order Piscok di instagram @peacecokss atau hubungi WA 082361472238
referensi:
Komentar
Posting Komentar