STRATEGI STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

STRATEGI STP

Apa Itu Strategi STP?
    
    STP atau Segmentation Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu.Sesuai istilahnya, strategi ini didasarkan pada tiga langkah dalam pemasaran, mulai dari mengidentifikasi segmentasi pasar, menganalisis target pasar, sampai menentukan posisi yang tepat untuk menjalankan bisnis.




SEGMENTING
    Segmentasi adalah proses memecah pasar yang lebih besar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil dan terdefinisi dengan jelas berdasarkan karakteristik atau kebutuhan yang sama. Tujuan utama segmentasi adalah untuk memahami keragaman dalam preferensi dan perilaku konsumen sehingga perusahaan dapat menyesuaikan produk atau layanan mereka untuk memenuhi kebutuhan khusus dari setiap segmen. Contoh kriteria segmentasi meliputi demografi (usia, jenis kelamin, pendapatan), geografi (lokasi geografis), psikografis (gaya hidup, nilai-nilai), dan perilaku (penggunaan produk, loyalitas).


sumber:https://www.nutshell.com/blog/market-segmentation

TARGETING
     Targeting merupakan tindakan menilai ketertarikan dan minat dari beragam segmen pasar, kemudian menentukan segmen pasar mana yang akan Anda jadikan sebagai target pasar. Target Pasar dipahami sebagai kelompok yang dipilih oleh suatu bisnis untuk dijadikan sebagai calon pelanggan dengan melakukan penargetan dan segmentasi.
    Terdapat 4 strategi yang bisa anda pilih dalam melakukan targeting di antaranya:
1.Undifferentiated targeting strategy 
    Menjelaskan bahwa strategi ini ditujukan untuk pasar besar dengan   kebutuhan yang serupa.
2.Differentiated targeting strategy 
    Menjelaskan bahwa perusahaan memproduksi berbagai produk dengan   masing-masing ciri yang berbeda.
3.Concentrated targeting strategy
    Perusahaan hanya berfokus menawarkan jenis produk tertentu dalam   satu segmen yang dinilai paling berpeluang pasar.
sumber:https://medium.com/@felisiahandayani/strategi-pemasaran-targeting-and-positioning-f03d654b33d4

POSITIONING
   Positioning atau penempatan produk yang merupakan upaya untuk menempatkan posisi produk dalam menghadapi persaingan. Pengembangan strategi pemasaran ini bertujuan untuk mempengaruhi tentang bagaimana suatu segmen pasar tertentu menilai produk maupun jasa ketika dibandingkan dalam kompetisi pasar.

sumber:https://www.xendit.co/id/blog/pahami-segmenting-targeting-positioning-dalam-strategi-pemasaran/


STRATEGI STP PEACECOKSS
1. Segmenting
    - Segmentasi demografis dari Peacecokss adalah semua kalangan       baik anak-anak, remaja maupun dewasa baik laki-laki maupun          perempuan.
    - Segmentasi geografisnya adalah semua siswa atau orang yang          berada di Sekolah Maitreyawira Batam.
    - Segmentasi psikografis dari produk ini adalah ditargetkan          kepada konsumen yang menyukai makanan manis dan garing.
    - Segmentasi perilaku di targetkan kepada orang yang menyukai          jajan-jajanan manis,lezat, dan sehat.

2. Targeting
    - Remaja
    - Anak sekolahan

3. Positioning
    - Cemilan yang bisa dinikmati saat sedang berkumpul-kumpul maupun       teman nonton dengan harga yang murah hanya di bandrol dengan          harga 10.000/1 kotak yang berisi 7 pcs

DESKRIPSI PRODUK 
Usaha piscok menyediakan pisang coklat yang isinya lumer,manis,renyah dan legit serta cocok untuk jadi cemilan favoritmu dikala lapar.

Tunggu apalagi? yuk langsung aja order Piscok di instagram @peacecokss atau hubungi WA 082361472238 




referensi:


































Komentar

Postingan Populer