GEN Z FAV's SOCIAL MEDIA

 APA ITU TEKNOLOGI ?

    Teknologi adalah kata yang diambil dari bahasa Inggris “Technology” yang diserap dari bahasa Yunani yaitu “Technologia”, dengan makna keahlian pengetahuan. Akar kata dari teknologi sendiri ialah “techne” yang memiliki arti serangkaian prinsip ataupun suatu metode rasional yang didalamnya juga berkaitan erat dengan pembuatan suatu objek, pengetahuan serta seni mengenai berbagai prinsip ataupun metode, dan kecakapan serta suatu keahlian tertentu.

    Teknologi adalah ilmu pengetahuan yang didalamnya mempelajari mengenai suatu keterampilan dalam membuat suatu alat, juga metode pengolahan serta ekstraksi dari suatu benda, agar mampu menyelesaikan berbagai permasalahan tertentu serta pekerjaan sehari-hari para manusia pada umumnya. teknologi adalah sarana dan prasarana yang dibuat oleh manusia agar dapat menyediakan barang-barang yang kemudian diperlukan untuk keberlangsungan serta kenyamanan hidup manusia. Jadi, dapat dikatakan bahwa dengan adanya teknologi, maka suatu aktivitas akan lebih mudah untuk diselesaikan.

TIKTOK

1. PENGERTIAN

    TikTok adalah salah satu aplikasi media sosial dan platform video musik yang populer di kalangan masyarakat. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan membagikan video pendeknya yang disertai dengan filter dan musik pengiringnya. Berbagai konten video bisa ditemukan dengan mudah di aplikasi ini, ada konten yang bersifat hiburan, informasi, hingga yang bersifat edukatif juga ada. Sejak dirilis tahun 2016, aplikasi TikTok mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam hal fitur dan performa.Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang menggunakan aplikasi TikTok dari berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Menurut laporan We Are Social, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengguna TikTok terbanyak kedua di dunia, yaitu sekitar 106,51 juta pengguna. Lantas bagaimana Tiktok terbentuk?

2. SEJARAH

    Tiktok adalah sebuah aplikasi yang berasal dari negeri China. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan di China yaitu Bytedance milik seorang pengusaha bernama Zhang YiMing. TikTok sebenarnya bermula dari sebuah platform bernama Musical.ly. Musical.ly didirikan di Tiongkok pada 2014 oleh Alex Zhu dan Luyu Yang. Awalnya, platform ini fokus pada pengunggahan video pendek yang seringkali disertai dengan lip-sync lagu populer. Musical.ly mendapatkan popularitas yang signifikan terutama di kalangan remaja di seluruh dunia. 
    Pada 2016, perusahaan asal Tiongkok, ByteDance, membeli Musical.ly dengan harga sekitar 1 miliar USD. September tahun 2016, perusahaan Bytedance mengeluarkan sebuah produk awal yang disebut Douyin. Douyin adalah sebuah platform yang digunakan untuk menyebarkan berbagai macam video dalam durasi singkat. Kemudian pada tahun 2017 aplikasi tersebut dirubah menjadi Tiktok dan dikembangkan menjadi aplikasi yang dapat digunakan diluar China. Tidak lama berselang pada November 2017, perusahaan Bytedance membeli aplikasi terkenal pada saat itu yaitu Musical.ly. Kedua aplikasi tersebut kemudian digabungkan dan dikembangkan sejak tahun 2018 dan menjadi sangat terkenal hingga saat ini. Tiktok sendiri memiliki misi yaitu untuk memberikan inspirasi pada kreativitas dan memberikan sukacita

3. PERKEMBANGAN TIKTOK

    Pada akhir tahun 2017, ByteDance mengakuisi Musical.ly dan melakukan penggabungan dengan TikTok untuk membentangkan sayap mereka di ranah internasional. Sebelum TikTok menjadi populer di seluruh dunia, Musical.ly menjadi penguasa aplikasi berbagi video pendek di seluruh dunia, terutama di Amerika Serikat. Pada awal penggabungan dan peluncuran ke seluruh dunia, kepopularitasan TikTok
meningkat dengan sangat pesat, terutama di negara Thailand dan Jepang TikTok juga sempat viral di Indonesia pada tahun 2018, namun pada saat itu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir TikTok dari Indonesia karena dianggap tidak mendidik. Pada tahun 2020, TikTok mulai populer kembali di Indonesia di berbagai kalangan masyarakat, termasuk artis, pejabat, dan berbagai public figure lainnya

4. KEUNIKKAN

    Aplikasi TikTok menjadi salah satu aplikasi yang sempat booming sejak pertengahan tahun 2018 silam dan ternyata memang banyak kelebihan yang ditawarkan apalagi kalau Anda seorang pebisnis yang berencana mempromosikan produk atau layanan di platform ini. berikut adalah kelebihan yang dimiliki aplikasi ini:

     A. Pembuatan Video Mudah
    Pengguna dapat membuat, mengedit, dan meng-upload video langsung hanya dengan    menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus editing di PC ataupun di aplikasi lainnya. Dengan keunggulan tersebut, banyak pengguna lebih tertarik untuk terus membuat konten TikTok tanpa perlu merasa kesulitan. Sama halnya dengan perusahaan, jika ingin membuat video, perusahaan bisa dengan mudah hanya menggunakan TikTok. Namun kreatifitas dituntut aktif terkait hal ini.

     B. Dukungan untuk Bisnis dan Pemasaran
        TikTok menyediakan berbagai alat dan fitur untuk membantu bisnis memanfaatkan platform ini. Misalnya, TikTok Ads memungkinkan Anda untuk mengiklankan produk atau layanan Anda kepada audiens yang lebih luas. Selain itu, fitur-fitur seperti link di bio dan kolom bisnis juga dapat membantu mempromosikan bisnis Anda di TikTok.

    C. Popularitas yang Tinggi
         TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan. Hal ini memberikan kesempatan besar untuk mencapai audiens yang luas dan beragam.

Namun dari kelebihan yang kami jelaskan diatas, bukan berarti media ini tidak memiliki kekurangan. kita juga harus mempertimbangkan kekurangan sosial media. Berikut beberapa kekurangan TikTok yang wajib Anda ketahui:

    A. Membuat Lupa Waktu
         Scroling Tiktok sering sekali membuat orang lupa waktu, ini sangat tidak bagus jika terjadi             kepada semua orang jika sampai menyebabkan pekerjaan tertunda, pekerjaan berantakan hanya    karena asik scrol Tiktok. 

    B. Konten Vulgar Masih Banyak
        Meskipun Tiktok sudah berusaha memberantas konten vulgar, tetapi di era sekarang semakin      bebas berkreasi banyak wanita yang menganggap itu biasa saja.Ini sangat bahaya bagi pengguna remaja pria yang masih dibawah usia jika sampai dia sering melihat konten semacam ini, karena sistem FYP akan memunculkan video yang sesuai dengan minatnya.

    C. Rawan Posting Video Privasi
        Banyak orang tidak sadar menguploud video yang seharusnya itu privasi, misalnya seperti masalah rumah tangga, pertengkaran, atau kegiatan pasangan.Tidak sedikit yang justru bangga membuat konten privasi mereka yang itu seharusnya tidak dipertontonkan kepada publik, hanya karena ingin banyak view. Bagi orang tua harus selalu mengawasi anak-anak ketika menggunakan Tiktok karena terkadang anak-anak tidak sadar apa yang mereka uploud.

5. ANALISIS DI MASA MENDATANG
    Di masa yang akan Tiktok mungkin akan meningkatkan dan mengevaluasi fitur-fitur pada e-commerce Tiktok Shop, meningkatkan fitur-fitur lain di bagian kameranya dan lebih menginovasikan perkembangan aplikasinya lagi. 

PENUTUP
    Dengan perjalanan yang menarik ini, TikTok telah berhasil menjadi fenomena global yang memengaruhi berbagai aspek budaya populer, dari musik hingga tren internet. Platform ini terus berkembang dan terbuka bagi beragam jenis konten kreatif, sehingga akan menarik untuk melihat bagaimana perkembangannya akan terus membentuk budaya media sosial dan hiburan di masa depan.

Sumber : 

Komentar

Postingan Populer