STRATEGI PEMASARAN LUNCH BOX JERAMI GANDUM






Hi guys jadi kali ini aku akan menganalisis strategi pemasaran dari lunch box Ecentio ini. Ecentio adalah toko yang menyediakan produk home living seperti lunch box,botol minum,blender, dan lain lain. Pada analisis strategi yang saya lakukan terbagi jadi 3 yaitu Analisis SWOT, Strategi STP dan Marketing Mix

ANALISIS SWOT

Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu.

ANALISIS SWOT LUNCH BOX

1.Strenght :

  •  Harganya terjangkau
  •  Terbuat dari bahan yang berkualitas
  •  Tahan banting 
  •  Tergolong ramah lingkungan karena terbuat dari perpaduan serat jerami gandum
  •  BPA Free
  •  Terdiri dari 1 set alat makan 
2. Weakness

  • Kotak suka bocor
  • Tidak tahan panas
  • Tidak ada gagang
3. Opportunities:

  • Cocok untuk kalangan anak-anak, remaja, dan dewasa yang membawa bekal
  • Cocok  di jadikan sebagai tempat makan yang praktis
  • Cocok untuk ibu-ibu yang suka membuat bekal untuk keluarganya
4.Threats:

  • Banyak pesaing lain yang menjual lunch box dengan kualitas yang lebih baik
  • Kebanyakan orang lebih memilih untk menggunakan styrofoam yang langsung di buang daripada kotak bekal.

STRATEGI STP

STP atau Segmentation Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu.Sesuai istilahnya, strategi ini didasarkan pada tiga langkah dalam pemasaran, mulai dari mengidentifikasi segmentasi pasar, menganalisis target pasar, sampai menentukan posisi yang tepat untuk menjalankan bisnis.

SEGMENTING

    Segmentasi adalah proses memecah pasar yang lebih besar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil dan terdefinisi dengan jelas berdasarkan karakteristik atau kebutuhan yang sama. Tujuan utama segmentasi adalah untuk memahami keragaman dalam preferensi dan perilaku konsumen sehingga perusahaan dapat menyesuaikan produk atau layanan mereka untuk memenuhi kebutuhan khusus dari setiap segmen. Contoh kriteria segmentasi meliputi demografi (usia, jenis kelamin, pendapatan), geografi (lokasi geografis), psikografis (gaya hidup, nilai-nilai), dan perilaku (penggunaan produk, loyalitas).


TARGETING
    Targeting merupakan tindakan menilai ketertarikan dan minat dari beragam segmen pasar, kemudian menentukan segmen pasar mana yang akan Anda jadikan sebagai target pasar. Target Pasar dipahami sebagai kelompok yang dipilih oleh suatu bisnis untuk dijadikan sebagai calon pelanggan dengan melakukan penargetan dan segmentasi.
    Terdapat 3 strategi yang bisa anda pilih dalam melakukan targeting di antaranya:
1.Undifferentiated targeting strategy 
    Menjelaskan bahwa strategi ini ditujukan untuk pasar besar dengan   kebutuhan yang serupa.
2.Differentiated targeting strategy 
    Menjelaskan bahwa perusahaan memproduksi berbagai produk dengan   masing-masing ciri yang                 berbeda.
3.Concentrated targeting strategy
    Perusahaan hanya berfokus menawarkan jenis produk tertentu dalam   satu segmen yang dinilai paling        berpeluang pasar.

POSITIONING
    Positioning atau penempatan produk yang merupakan upaya untuk menempatkan posisi produk dalam menghadapi persaingan. Pengembangan strategi pemasaran ini bertujuan untuk mempengaruhi tentang bagaimana suatu segmen pasar tertentu menilai produk maupun jasa ketika dibandingkan dalam kompetisi pasar.

STRATEGI STP LUNCH BOX

1. Segmenting 

  • Segmentasi demografis dari Lunch box Ecentio adalah semua kalangan baik anak-anak, remaja maupun dewasa baik laki-laki maupun perempuan dan terutama Ibu-ibu yang menggunakan kotak makan untuk bekal keluarganya
  • Segmentasi geografisnya adalah semua orang yang menggunakan tempat bekal di sekolah, kuliah, tempat kerja dan lain-lain
  • Segmentasi psikografis dari produk ini adalah ditargetkan kepada konsumen yang lebih memilih membawa bekal daripada membeli makan di luar 
  • Segmentasi perilaku di targetkan kepada orang yang hemat dan tidak suka jajan di luar

2. Targeting

  • Ibu-ibu yang membuat bekal untuk keluarganya
  • Orang kantoran
  • Anak sekolah
3. Positioning

       Kotak bekal yang berbahan berkualitas dan ramah lingkungan karena terbuat dari perpaduan serat jerami gandum dan tentunya BPA Free lunch box ini juga terdiri dari 1 set yang sudah termasuk  alat makan. Satu set lunch box ini di hargai dengan Rp.32.000 saja

DESKRIPSI PRODUK 



    Lunch Box Ecentio meyediakan kotak bekal yang berkualitas dan terjangkau tentunya, kotak bekal ini praktis untuk dibawa kemana-mana karena sudah terdiri dari satu set yang di mana sudah terdapat alat makannya.

    Tunggu apalagi? yuk langsung aja order Lunch Box kami di instagram @ecentioofficialstore atau dapatkan lunch box kami di e-commerce terpercaya kalian!

MARKETING MIX
      Marketing mix adalah suatu bentuk kumpulan variabel marketing yang dapat digunakan untuk mencapai sebuah tujuan marketing pasar yang telah ditargetkan.Marketing mix merupakan suatu bentuk strategi dalam mengombinasikan berbagai macam kegiatan marketing agar tercipta sebuah kombinasi maksimal sehingga akan muncul hasil yang paling memuaskan.

    Marketing mix atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan 'Bauran Pemasaran' menjadi fondasi model dasar suatu bisnis. Istilah ini dikenalkan pertama kali oleh seorang profesor marketing Harvard pada 1948, Neil Borden, yang terinspirasi dari jurnal koleganya, Prof. James Culliton.

    Satu di antara perkembangan konsep marketing mix yang paling banyak dikenal adalah marketing mix 7P. Konsep ini dikenalkan oleh Booms dan Bitner yang berisi empat elemen 4P ditambah tiga elemen baru, yaitu physical evidence, people, dan process.

MARKETING MIX LUNCH BOX ECENTIO
1. Product (Produk) 
       Produk yang ditawarkan yaitu Lunch Box Jerami. Lunch Box Jerami yang dijual di buat dengan bahan yang berkualitas, BPA free, ramah lingkungan dan terjangkau, dengan ini kami berharap konsumen akan puas dengan produk kami dan melakukan pembelian ulang.

2. Price (Harga)
      Produk ini dijual dengan harga 28.000/ kotaknya. sangat terjangkau bukan??

3. Place (Tempat/Lokasi)
     Untuk lokasi usaha tersedia di toko Luckymart MW yang berlokasi di SMK Maitreyawira Batam.Lunch box ini juga tersedia di  E-commerce seperti di Shopee,Tiktok shop, dan lain-lain.

4. Promotion (Promosi)
      

    Cara promosi dari usaha ini adalah dengan menggunakan media sosial, mulai dari Instagram dan Tiktok. Dengan cara promosi ini dapat menghemat modal perusahaan dalam membuka usaha dan mempromosi produk.

5. People (Orang)
    Konsumen adalah yang terpenting. untuk itu kami selalu berusaha untuk membuat konsumen puas dengan layanan yang diberikan. Salah satu contoh tindakan yang dilakukan adalah dengan merespon chat konsumen dengan cepat dan tanggap, menanyakan tanggapan mereka terkait kualitas produk.
    Untuk karyawannya, kami memastikan seluruh karyawan dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan benar juga ketika ditoko dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen.

6.Process (Proses)

    Proses yang kami lakukan untuk yang di toko adalah pertama-tama kami akan memesan produk ke gudang toko kami setelah produk datang ke toko kami, produk akan dipilah apakah produk tersebut ada yang rusak atau tidak, kemudian produk yang telah di sortir kemudian siap di jual di toko kami. Untuk yang melalui e-commere kami akan cek resi agar mengetahui produk yang di beli kemudia kan akan memastikan produk yang di beli dalam keadaan yang layak, setelah itu produk di packing dengan bubble wrap yang banyak untuk mencegah kerusakan dan kemudian produk siap di kirim ke konsumen.

7.Physical Evidence (Bentuk Fisik)
    Kemasan dari produk kami terbuat dari jerami gandum yang ramah lingkungan dan terdapat 3 sekat bagian bawah untuk nasi dan bagian atasnya 2 sekat untuk lauk pauk.

Sekian dari blog Strategi Pemasaran Lunch Box ini, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan dan silahkan tinggalkan pesan di komentar yaa! Terimakasih.

Referensi:

Komentar

Postingan Populer